WORKSHOP PEMBELAJARAN MENDALAM (DEEP LEARNING) DAN KURIKULUM BERBASIS CINTA (KBC) MIN 12 JAKARTA TP. 2025/2026
MIN 12 Jakarta Timur bersama dua Madrasah Negeri lainnya bergabung mengadakan workshop Pembelajaran Mendalam (Deep Learning) di Favehotel PGC Cililitan pada Jum’at , 27 Juni 2025. Hadir dalam acara ini Hery Purnawan Kamad MIN 12, Faozi Kamad MIN 16 dan H.Mohammad Ansori Kamad MIN 3 . Turut hadir para narasumber. Peserta workshop adalah seluruh guru MIN 12, MIN 16 dan MIN 3, ada juga beberapa guru Madrasah swasta lainnya yang bergabung.
Acara dibuka secara resmi oleh Kabid Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DKI Jakarta , Viola Cempaka, yang dalam sambutannya menyampaikan ”Deep Learning Adalah sesuatu hal baru yang dikeluarkan oleh pemerintah tetapi bukan sesuatu barang baru. Kedua hal ini adalah bukan merubah kurikulum tapi adalah dilakukan pendekatan – pendekatan untuk lebih memantapkan output dari hasil proses pembelajaran . Bapak ibu sebagai para guru dan sebagai motor dari pembelajaran dimana saja diharapkan bisa langsung menangkap dan mengadaptasi apa yang dilakukan kebijakan ini seperti kurikulum cinta. Kurikulum cinta bukan kurikulum baru hanya bagaimana mengimplementasikan nilai-nilai kasih sayang, toleransi dan tolong menolong termasuk juga deep learning. Oleh karena itu saya sangat menyambut baik sekali acara hari ini karena untuk bagaimana melakukan penguatan- penguatan dalam hal kebijakan-kebijakan baru ini.”
Selanjutnya acara workshop setiap MIN dilakukan di aula yang berbeda. Workshop inovatif bertajuk “Deep Learning untuk Menumbuhkan Rasa, Karsa dan Cinta dalam Proses Pendidikan” menghadirkan narasumber sekaligus sebagai pengawas Madrasah di lingkungan Ciracas Wawan Kurniawan , yang memaparkan konsep dasar deep learning, tujuan deep learning, DPL ( delapan dimensi kelulusan ) , dan prinsip deep learning . strategi praktis untuk mengintegrasikannya ke dalam pembelajaran di kelas. Penyampaian materi berlangsung interaktif, dilengkapi dengan sesi praktik langsung agar peserta dapat merasakan penerapan pembelajaran ini secara nyata.
Atmosfir antusiasme begitu terasa, terlihat peserta yang aktif berdiskusi dan bertanya, menunjukkan tingginya minat terhadap topik ini. Kegiatan ini merupakan langkah nyata untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di lingkungan MIN 12 Jakarta Timur, sekaligus mempersiapkan pendidik menghadapi tantangan ke depan.
Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman guru mengenai konsep dan prinsip dasar pembelajaran mendalam sebagai pendekatan yang memuliakan dengan menekankan pada penciptaan suasana belajar dan proses pembelajaran berkesadaran, bemakna dan menggembirakan melalui olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga, secara holistik dan terpadu. Harapannya dengan penerapan pembelajaran mendalam akan mewujudkan 8 dimensi profil lulusan( Keimanan dan Ketakwaan terhadap Tuhan YME, Kewargaan, Penalaran Kritis, Kreativitas, Kolaborasi, Kemandirian, Kesehatan, dan Komunikasi.









Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Ut elit tellus, luctus nec ullamcorper mattis, pulvinar dapibus leo.
MATSAMA MIN 12 JAKARTA TAHUN 2025
Assalamualaikum wr wb
Bertepatan dengan hari pertama masuk sekolah ditahun ajaran 2025/2026 Senin, 14 Juli 2025 MIN 12 Jakarta juga mengadakan kegiatan MATSAMA. MATSAMA adalah Masa Ta’aruf Siswa Madrasah. Ini adalah kegiatan orientasi atau pengenalan lingkungan madrasah yang diadakan pada awal tahun ajaran baru untuk peserta didik baru agar lebih mengenal lingkungan madrasah, guru, karyawan serta kegiatan yang ada di Madrasah..
Maka dari itu Kepala Madrasah Ibtidaiyah 12 Jakarta Bapak Heri Purnawan, M. Pd menegaskan bahwa “Kegiatan MATSAMA ini harus dilaksanakan dan diikuti dengan baik oleh peserta didik baru, agar bisa lebih mengenal lagi MIN 12 Jakarta serta buatlah peserta didik baru MIN 12 Jakarta merasa senang dan nyaman untuk mengampuh pendidikan di MIN 12 Jakarta”.
Jadi, selamat datang dan selamat bergabung untuk peserta didik baru di keluarga besar MIN 12 Jakarta.